Kisi-kisi UM IPS SD/MI - Ma'arif NU Pasunggingan


KISI KISI UMIPS
TAHUN PELAJARAN 2012/2013
PAKET 1

INDIKATOR
URAIAN MATERI
NO

Disajikan gambar symbol, siswa dapat menunjukan arti gambar simbol tersebut dengan tepat


lapangan terbang/bandara



1

Siswa mampu menyebutkan  salah satu kenampakan alam jika disebutkan ciri-ciri kenampakan  alam 
Ciri-ciri dataran rendah:
Ketinggian antara 0-200 m dari permukaan air laut

Ciri-ciri dataran tinggi:
  1. Ketinggian lebih 200-400 m dari permukaan air laut
  2. Dataran tinggi terbentuk sebagai hasil erosi dan sedimentasi. Beberapa dataran tinggi antara lain Dataran Tinggi Dekkan, Dataran Tinggi Gayo, Dataran Tinggi Dieng, Dataran Tinggi Malang, dan Dataran Tinggi Alas.
Dataran tinggi bisa juga terjadi oleh bekas kaldera luas, yang tertimbun material dari lereng gunung sekitarnya. Dataran tinggi dari kategori terakhir ini antara lain adalah Dataran Tinggi Dieng di Jawa Tengah


2



Siswa mampu menunjukan definisi sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui jika disajkan pertanyaan tentang sumber daya alam.

  • SDA yang tidak dapat diperbarui adalah SDA yang dapat habis. (ex: minyak bumi, emas, intan, batubara, dll…..pokoknya semua barang tambang, tapi udu tambang sing cok go layangan, heeeeeee)


3


Siswa mampu menyebutkan daerah asal Senjata jika disajikan gambar salah satu senjata tradisional

Rencongdari Ace           KujangdariJawaBarat          
KerisdariJawaTengah




4
Siswa mampu memilih jawaban dengan baik jika disajikan definisi salah satu peninggalan sejarah
Fosil adalah sisa-sisa atau bekas-bekas makhluk hidup yang menjadi batu atau mineral.
5

Siswa mampu menyebutkan salah satu  bentuk kegiatan ekonomi  jika disajikan daerah tempat tinggal
Hidup di daerah pantai: nelayan
Hidup di dataran rendah : petani
Hidup di dataran tinggi : petani sayuran


6
Siswa mampu menyebutkan keekuasaantertinggi  koperasi jika disajikan pertanyaan tentang koperasi.
Yang memegang kekuasaan tertinggi dalam koperasi adalah rapat anggota koperasi tersebut


7


Siswa mampu menyebutkan jenis koperasi jika disajikan jenis usaha koperasi tersebut
  • Menyediakan/menjual kebutuhan sehari-hari seperti beras, gula, kopi, dsb…………………………………..koperasi konsumsi.
  • Membantu anggota memperoleh kredit atau pinjaman uang………………………………..koperasi simpan pinjam/koperasi kredit.
  • Memproduksi barang, menyediakan bahan baku nproduksi, menampung hasil usaha anggotanya………………………………koperasi produksi.
  • Pengadaan bibit unggul, penyediaan pupuk, obat hama, penyuluhan……………………………….koperasi pertanian.
  • Menyediakan kebutuhan para anggotanya yang merupakan pensiunan……………………………..koperasi pensiunan.
  • Branggotakan pegawai negeri dan bertujuan meningkatkan kesejahteraan para pegawai negeri……………………………………..koperasi pegawai negeri
  • Beranggotakan warga sekolah, menyediakan alat2 sekolah……………………………..koperasi sekolah.
Beranggotakan masyarakat desa…………………………………KUD
8

Siswa mampu memilih dampak positif dari tekhnologi masa kini,jika disajikan berbaga dampak positif/negatif

Dampak Positif (dampak yang baik) Teknologi masa kini:
  • Mempermudah komunikasi
  • Informasi lebih cepat diterima
  • Perjalanan lebih cepat
  • Pekerjaan menjadi lebih ringan
  • Dll

9

Siswa mampu menyebutkan dampak dari rendahnya kualitas SDM di Indonesia


Dampak dari rendahnya kualitas SDM di Indonesia
+         Banyak pengangguran
+         Meningkatnya kemiskinan
+         Meningkatnya tindak kriminalitas


10

Siswa mampu menyebutkan raja terkenal Kerajaan Hindu jika ditanyakan tentang kerajaan Hindu
Raja terkenalรจ
Kerajaan Kutai :Mulawarman
Raja yang terkenal dari Tarumanegara adalah Purnawarman
Kerajaan Kediri :Jayabaya
Kerajaan Singasari :Kertanegara
Kerajaan Majapahit :Hayam Wuruk
Kerajaan Sriwijaya : Balaputradewa

11

Jika disajikan tabel kerajaan yang ada di Indonesia siswa mampu memilih mana yang termasuk kelompok kerajaan bercorak Islam

Kerajaan bercorak Islam:
1.         Samudera Pasai
2.        Aceh
3.        Demak
4.       Banten
5.        Gowa Talo


12

Siswa mampu memilih isi Sumpah Palapa dengan tepat jika ditanyakan tentang Sumpah Palapa

Sumpah Palapa ini ditemukan pada teks Jawa PertengahanPararaton, yang berbunyi,
Sira Gajah Madapatih Amangkubhumi tan ayun amuktia palapa, sira Gajah Mada: "Lamun huwus kalah nusantara isun amukti palapa, lamun kalah ring Gurun, ring Seran, Taรฑjung Pura, ring Haru, ring Pahang, Dompo, ring Bali, Sunda, Palembang, Tumasik, samana isun amukti palapa".
Terjemahannya,
Beliau Gajah Mada Patih Amangkubumi tidak ingin melepaskan puasa. Ia Gajah Mada, "Jika telah mengalahkan Nusantara, saya (baru akan) melepaskan puasa. Jika mengalahkan Gurun, Seram, Tanjung Pura, Haru, Pahang, Dompo, Bali, Sunda, Palembang, Tumasik, demikianlah saya (baru akan) melepaskan puasa".

Inti: Gajah Mada tidak akan merasakan Palapa (kenikmatan dunia) sebelum Nusantara dapat disatukan di bawah kekuasaan Majapahit


13

Jika disajikan simbol peta, siswa mampu menjelaskan arti simbol peta tersebut.


14



Siswa mampu menyebutkan dampak positif dari pembangunan jika disajikan pertanyaan tentang dampak pembangunan waduk


Dampak positif waduk:
ร˜  PLTA
ร˜  Irigasi
ร˜  Tempat wisata
ร˜  Budidaya ikan air tawar

15

Siswa mampu menyebutkan suku bangsa yang ada di Pulau Jawa, jika disajikan tabel suku bangsa di Indonesia


Suku di Pulau Jawa:
!   Suku Jawa
!   Suku Sunda
!   Suku Tengger
!   Suku Samin
!   Suku Osing
!   Suku betawi

16

Siswa mampu menyebutkan jenis usaha yang paling banyak dilakukan bangsa Indonesia


Jenis usaha yang paling banyak dilakukan di Indonesia adalahpertanian

17

Siswa mampu menyebutkan arti lambang koparasi jika ditanyakan salah satu lambang koprasi.

Arti dari Lambang :
No
Lambang
Arti
1
Perisai
Upaya keras yang ditempuh secara terus menerus. Hanya orang yang pekerja keras yang bisa menjadi calon Anggota dengan memenuhi beberapa persyaratannya.
2
Rantai (di sebelah kiri)
Ikatan kekeluargaan, persatuan dan persahabatan yang kokoh. Bahwa anggota sebuah Koperasi adalah Pemilik Koperasi tersebut, maka semua Anggota menjadi bersahabat, bersatu dalam kekeluargaan, dan yang mengikat sesama anggota adalah hukum yang dirancang sebagai Anggaran Dasar (AD) / Anggaran Rumah Tangga (ART) Koperasi. Dengan bersama-sama bersepakat mentaati AD/ART, maka Padi dan Kapas akan mudah diperoleh.
3
Kapas dan Padi (di sebelah kanan)
Kemakmuran anggota koperasi secara khusus dan rakyat secara umum yang diusahakan oleh koperasi. Kapas sebagai bahan dasar sandang (pakaian), dan Padi sebagai bahan dasar pangan (makanan). Mayoritas sudah disebut makmur-sejahtera jika cukup sandang dan pangan.
4
Timbangan
Keadilan sosial sebagai salah satu dasar koperasi. Biasanya menjadi simbol hukum. Semua Anggota koperasi harus adil dan seimbang antara "Rantai" dan "Padi-Kapas", antara "Kewajiban" dan "Hak". Dan yang menyeimbangkan itu adalah Bintang dalam Perisai.
5
Bintang
Dalam perisai yang dimaksud adalah Pancasila, merupakan landasan ideal koperasi. Bahwa Anggota Koperasi yang baik adalah yang mengindahkan nilai-nilai keyakinan dan kepercayaan, yang mendengarkan suara hatinya. Perisai bisa berarti "tubuh", dan Bintang bisa diartikan "Hati".
6
Pohon Beringin
Simbol kehidupan, sebagaimana pohon dalam Gunungan wayang yang dirancang oleh Sunan Kalijaga. Dahan pohon disebut kayu (dari bahasa Arab "Hayyu"/kehidupan). Timbangan dan Bintang dalam Perisai menjadi nilai hidup yang harus dijunjung tinggi.
7
Koperasi Indonesia
Koperasi yang dimaksud adalah koperasi rakyat Indonesia, bukan Koperasi negara lain. Tata-kelola dan tata-kuasa perkoperasian di luar negeri juga baik, namun sebagai Bangsa Indonesia harus punya tata-nilai sendiri.
8
Warna Merah Putih
Warna merah dan putih yang menjadi background logo menggambarkan sifat nasional Indonesia.

18

Siswa mampu menyebutkan dengan benar jika disajikan pertanyaan tentang VOC


Vereenigde Oostindische Compagnie (Perserikatan Perusahaan Hindia Timur atau Perusahaan Hindia Timur Belanda) atau VOC didirikan pada tanggal 20 Maret 1602.

tujuan pendirian VOC:
1.         Menghindari persaingan dagang di antara para pedagang Belanda
2.        Memperkuat kedudukan Belanda dalam menghadapi persaingan dagang
3.       Mengadakan monopoli dagang di Indonesia
Gubernur Jenderal VOC yg pertama รจ Pieter Both
VOC dibubarkan pada รจ 31 Desember 1799

19

Siswa mampu memilih daerah asal dari salah satu tokoh  pejuang
MASA BELANDA
รพ  Sultan Ageng Tirtayasaรจ Banten
รพ  Sultan Hasanudinรจ Makasar
รพ  Pattimuraรจ Maluku
รพ  Tuanku Imam Bonjolรจ Sumatera Barat
รพ  Pangeran Diponegoroรจ Yogyakarta
รพ  Teuku Umar, Cut Nyak Dienรจ Aceh
รพ  I Gusti Ketut JelantikรจBali
รพ  Sisingamangaraja XIIรจ Tapanuli
รพ  Pangeran Antasariรจ KalSel
MASA JEPANG

รพ  K.h. Zaenal Mustofaรจ Singaparna
รพ  Tengku Abdul JalilรจAceh
รพ  SupriyadiรจBlitar



20

Siswa mampu memilih nama lain dari Dokuritsu jumbai Cosakai dengan benar

Dokuritsu jumbai Cosakai adalah BPUPKI Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia

21

Siswa mampu memilih tokoh yang memimpin BPUPKI dg benar jika disajikan gambar tokoh tsb.

Radjiman Widyodiningrat

22

Siswa mampu memilih tokoh yang terlibat dalam peristiwa proklamasi
Yg mengetik naskah:>>> Sayuti melik
Yg membacakan:>>>>>>> Soekarno-Hatta
Yg mengibar bendera: >>Latif Hendraningrat dan Suhud

23
Siswa mampu menunjukan tokoh yg menjahit bendera merah putih pada peristiwa proklamasi

Tokoh yg menjahit bendera merah putih pada peristiwa proklamasi>>>
Fatmawati

24
Siswa mampu menunjukan tokoh jendral sekutu yang tewas dalam peristiwa di Surabaya
Tokoh jendral sekutu yang tewas dalam peristiwa di Surabaya:
Brig.Jend.Mallaby.

25
Siswa mampu menyebutkan jumlah propinsi propinsi yang ada di Indonesia sekarang ini dengan benar.
Jumlah propinsi propinsi yang ada di Indonesia sekarang ini : 33

26
Siswa mampu menyebutkan provinsi termuda Indonesia sekarang ini dg tepat
Provinsi termuda Indonesia >>>>SULAWESI BARAT

27
Siswa mampu menyebutkan ibukota propinsi  jika ditanyakan ibukota propinsi yang ada di Indonesia


NO

PROVINSI

IBU KOTA
1
Nanggroe Aceh Darussalam
Banda Aceh
2
Sumatera Utara
Medan
3
Riau
Pekanbaru
4
Sumatera Barat
Padang
5
Kepulauan Riau
Tanjungpinang
6
Jambi
Jambi
7
Sumatera Selatan
Palembang
8
Bengkulu
Bengkulu
9
Bangka Belitung
Pangkalpinang
10
Lampung
Bandar Lampung
11
Banten
Serang
12
DKI Jakarta
Jakarta
13
Jawa Barat
Bandung
14
Jawa Tengah
Semarang
15
D.I. Yogyakarta
Yogyakarta
16
Jawa Timur
Surabaya
17
Bali
Denpasar
18
Nusa Tenggara Barat
Mataram
19
Nusa Tenggara Timur
Kupang
20
Kalimantan Barat
Pontianak
21
Kalimantan Timur
Samarinda
22
Kalimantan Tengah
Palangkaraya
23
Kalimantan Selatan
Banjarmasin
24
Sulawesi Barat
Mamuju
25
Sulawesi Tengah
Palu
26
Gorontalo
Gorontalo
27
Sulawesi Utara
Manado
28
Sulawesi Selatan
Makasar
29
Sulawesi Tenggara
Kendari
30
Maluku Utara
Ternate**
31
Maluku
Ambon
32
Papua Barat
Manokwari
33
Papua
Jayapura

28

















































Siswa mampu memilih isi pokok deklarasi Juanda dengan benar jika ditanyakan tentang deklarasi Juanda

Pada tanggal 13 Desember 1957 keluar Deklarasi Juanda. Peraturan ini kemudian disahkan menjadi UU No.4 PrpTahun 1960.  
Isinya tentang wilayah laut teritorial 12 mil laut atau 22 km dari pantai terluar. Perairan tersebut menjadi wilayah kedaulatan Indonesia. Perairan antar pulau secara otomatis juga menjadi wilayah kita. Perairan antar pulau ini disebut perairan Nusantara.

29

Siswa mampu menguraikan sebab dilarangnya pukat harimau dan bahan peledak dalam menangkap ikan, dengan benar

Pukat harimau adalah sejenis jala besar dengan ukuran lobang yang kecil.
Dampak negative dari penggunaan pukat harimau dan bahan peledak:
  • Pukat harimau >>>Ikan-ikan kecil ikut terjaring, akibatnya populasi ikan tersebut terganggu
  • Bahan peledak : Merusak terumbu karang, Mencemari air

30

Siswa mampu menjawab pertanyaan ttg ASEAN

ASEAN = Association of South East Asian  Nations
ASEAN didirikan pada tgl 8 Agustus 1967, di Bangkok, Thailand
Tokoh pemrakarsa berdirinya ASEAN:
Indonesia                : Adam Malik
Malaysia                 : Tun Abdul Razak
Singapura               : S. Rajaratnam
Filipina                     : Narsisco Ramos
Thailand                  : Thanat Khoman
Tujuan dibentuknya ASEAN:
*        Mendukung kemajuan pembangunan Negara anggota
*        Mempercepat pertumbuhan  ekonomi, kemajuan sosial,  serta  pengembangan kebudayaan di kawasan ASEAN
*        Meningkatkan perdamaian dan  stabilitas regional
*        Meningkatkan kerja  sama  yang aktif serta  saling  membantu satu  dengan yang  lain  
*        Saling  memberikan bantuan  dala bentuk sarana  pelatihan dan penelitian dalam bidang pendidikan, profesional, teknik, dan administrasi.
*        Meningkatkan kerja  sama  yang  lebih  efektif  dalam  meningkatkan penggunaan pertanian serta  industri, perluasan perdagangan komoditas internasional, perbaikan sarana pengangkutan dan  komunikasi, serta peningkatan taraf  hidup mereka

31

Jika disajikan tabel nama-nama negara siswa mampu memilih mana yang bukan merupakan negara Anggauta ASEAN

Anggota ASEAN                                YANG BUKAN=SELAIN YG 10 DISAMPING!
  1. Indonesia
  2. Malaysia
  3. Singapura
  4. Thailand
  5. Filipina
  6. Brunai D
  7. Vietnam
  8. Kamboja
  9. Laos
  10. Myanmar

32

Siswa mampu menyebutkan bentuk kepala pemerintahan negara tetangga

Negara
Bentuk Negara/ bentuk pemerintahan
Kepala Pemerintahan
1.Malaysia
Kesultanan
Perdana Menteri
2.Singapura
Republik
Perdana Menteri
3.Brunei darussalam
Kesultanan/ kerajaan
Sultan
4.Thailand
Kerajaan (monarki)
Perdana Menteri
5.Myanmar
Republik parlementer
Perdana Menteri
6.Vietnam
Republik komunis
Perdana Menteri
7.Kamboja
Kerajaan
Perdana Menteri
8.Laos
Republik
Perdana Menteri
9.Philipina
Republik
Presiden
10.Indonesia 
Republik
Presiden

33

Jika disajikan gambar bendera negara Asean siswa mampu menyebutkan negara tersebut.
INDONESIA          MALAYSIA                 SINGAPURA             FILIPHINA

THAILAND            VIETNAM                BRUNEI DARUSALAM

LAOS                         KAMBOJA           MYANMAR

34

Siswa mampu menyebutkan negara terbesar penduduknya di ASEAN.

Negara ASEAN yang terbesar penduduknya Indonesia

35

Siswa mampu menyebutkan nama benua yang terbesar di dunia

Benua yang terbesar di dunia: Asia

36

Jika disajikan nama-nama negara siswa mampu memilih negara yang termasuk pada benua Amerika.


Amerika Tengah
T         Antigua
T         Barbados
T         Belize
T         Costa Rica
T         Dominica
T         El Savador
T         Grenada
T         Guadeloupe
T         Guatemala
T         Haiti
T         Honduras
T         Kuba
T         Martinique
T         Nicaragua
T         Panama
T         Puerto Rico
T         Trinidad and Tobago
T         Jamaika

Amerika Selatan
S         Argentina
S         Bolivia
S         Brazil
S         Chili
S         Equador
S         Guyana
S         Kolumbia
S         Paraguay
S         Peru
S         Suriname
S         Uruguay
S         Venezuala

Amerika Utara:
U        Amerika Serikat (USA)
U        Kanada
U        Meksiko

37
Siswa mampu menyebutkan Ibukota negara Arab Saudi jika disajikan pertanyaan ttg ibukota negara

Ibu kota Arab Saudi adalah Riyadh

38
Siswa mampu menyebutkan 2 lautan yang dihubungkan oleh terusan suez di Mesir.

Terusan Suez menghubungkan Laut Tengah dan Laut Merah

39
Siswa mampu menyebutkan batas sebelah barat dari Negara Amerika Serikat


Batas sebelah barat dari Negara Amerika Serikat : SAMUDERA PASIFIK


40
Siswa mampu menyebutkan ciri-ciri bencana alam tsunami dengan tepat

Tanda-tanda Tsunami:
-          Angin berhembus beraroma garam
-          Suara gemuruh
-          Laut surut secara tiba2
-          Banyak ikan2 mati di pantai

41
Siswa mampu menyebutkan satuan gempa dengan tepat

Satuan gempa : Skala Richter
42
Jika disajikan tabel penyebab bencana alam siswa mampu menunjukan yang merupakan penyebab banjir

Penyebab banjir:
*       Curah hujan yang tinggi
*       Saluran air yang tersumbat
*       Daerah resapan air berkurang
*       Perilaku buruk manusia seperti membuah sampah sembarangan
*       Penebangan hutan secara liar
*       Membangun perumahan di tempat resapan air
43
Siswa mampu bersikap dalam menghadapi bencanaalam tsunami

F  Yang harus kita lakukan adalah: mencari daratan yang lebih tinggi


44
Siswa mampu menunjukan sikap jika mendapati benda yang berfungsi untuk mendeteksi bencana alam tsunami

Jika mendapati benda yang berfungsi untuk mendeteksi bencana alam tsunami, kita harus segera melapor dan mengembalikan kepada pihak yg berwenang agar segera ditindak lanjuti


45
Siswa mampu menunjukan manfaat globalisasi jika ditanyakan ttg globalisasi

Manfaat globalisasi:
-          Informasi semakin cepat dan mudah
-          Komunikasi cepat, mudah, murah
-          Perjalanan cepat, mudah, murah
-          Lalu lintas antar Negara semakin cepat
-          Kejadian di daerah/Negara lain dapat cepat diikuti
-          Memudahkan pekerjaan

46
Siswa mampu memilih sikap yang tepat dalam menghadapi globalisasi jika ditanyakan ttg globalisasi
Menyikapi globalisasi:
v  Belajar sungguh2 agar tidak kalah saing dengan Negara lain
v  Bersikap Selektif dalam memilih budaya luar negeri (yang baik diambil, yang buruk abaikan)
v  Lebih cinta produksi dalam negeri agar Negara kita lebih maju
v  Melestarikan nilai2 agama, social, dan moral agar terhindar dari pengaruh buruk globalisasi
47
Siswa mampu menunjukan keuntungan investasi asing di Indonesia jika ditanyakan ttg investasi

Keuntungan investasi (penanaman modal) asing di Indonesia:
$ Dapat menjalankan produksi
$ Mengurangi pengangguran

Kerugian investasi asing di Indonesia:
$ Pencemaran dan kerusakan lingkungan
$ Adanya alih fungsi lahan
$ Mendorong masy bersikap konsumtif
$ Masy Indonesia tidak sepenuhnya dapat menikmati kekayaan alam
$ Adanya ketergantungan Negara pada investasi asing
48
\Siswa mampu memilih definisi Impor dengan baik jika disajikan berbagai macam definisi

Impor adalah kegiatan mendatangkan barang atau membeli barang/jasa dari luar negeri.

49
Siswa mampu menyebutkan dampak negative jika orang Indonesia tidak menyukai produk dalam negeri

Dampak negative jika orang Indonesia tidak menyukai produk dalam negeri:
-          Produk Indonesia kalah saing dengan produk luar negeri
-          Perusahaan local akan bangkrut/gulung tikar
-          Pertumbuhan ekonomi Negara akan terhambat
-          Kesejahteraan masyarakat Indonesia tidak terjamin

50


KISI KISI UMIPS
TAHUN PELAJARAN 2012/2013
PAKET 2

INDIKATOR
URAIAN MATERI
NO

Siswa mampu menyebutkan  salah satu kenampakan alam jika disebutkan ciri-ciri kenampakan  alam  tersebut

Ciri-ciri dataran rendah:
Ketinggian antara 0-200 m dari permukaan air laut

Ciri-ciri dataran tinggi:
  1. Ketinggian lebih 200-400 m dari permukaan air laut
  2. Dataran tinggi terbentuk sebagai hasil erosi dan sedimentasi. Beberapa dataran tinggi antara lain Dataran Tinggi Dekkan, Dataran Tinggi Gayo, Dataran Tinggi Dieng, Dataran Tinggi Malang, dan Dataran Tinggi Alas.
Dataran tinggi bisa juga terjadi oleh bekas kaldera luas, yang tertimbun material dari lereng gunung sekitarnya. Dataran tinggi dari kategori terakhir ini antara lain adalah Dataran Tinggi Dieng di Jawa Tengah

1
Siswa mampu menunjukan mata pencaharian penduduk yang hidup di daerah tertentu dengan tepat

Hidup di daerah pantai: nelayan
Hidup di dataran rendah : petani

2



Siswa mampu menjawab gengan benar jika disajikan pertanyaan salah satu penyebab kerusakan SDA
Penyebab kerusakan sumber daya alam:
F  Ulah manusia yang tidak bertanggungjawab seperti
-            Menebang pohon secara liar
-            Membuang limbah ke sungai
-            Dll
F  Bencana alam

3

Jika disajikan gambar senjata tradisional, siswa mampu menunjukkan daerah asal senjata tersebut


Rencongdari Ace           KujangdariJawaBarat          
KerisdariJawaTengah




4
Siswa mampu menunjukkan tempat keberadaan salah satu peninggalan bersejarah dg baik jika ditanyakan daerah tempat peninggalan bersejarah
Q  Borobudur terletak di Magelang, Jawa Tengah
Q  Candi Muara Tikus : di Jambi.
Q   Candi Gunung Wukir : di Magelang, Jawa Tengah.
Q  . Candi Kalasan : di Yogyakarta.
Q  . Candi Condong songo : di Semarang, Jawa Tengah
Q   Candi Mendut : di Magelang, Jawa Tengah
Q  . Candi Sewu : di Magelang, Jawa Tengah.
Q  . Candi Pawon : di Magelang. Jawa Tengah
Q  . Candi Sari : di Magelang, Jawa Tengah..
Q  Candi Ngawen : di Magelang, Jawa Tengah
Q  . Candi Dieng : di Jawa Tengah.
Q  . Candi Prambanan : di Klaten, Jawa Tengah
5

Siswa mampu menyebutkan contoh SDA tertentu jika disajikan macam-macam hasil SDA

SDA Perkebunan:
³  Teh
³  Kopi
³  Tembakau
³  Kelapa
³  Kelapa sawit
³  Karet
³  Dll



6
Siswa mampu menyebutkan arti lambang  koperasi jika disajikan salah satu bagian lambang koperasi.




Arti dari Lambang :
No
Lambang
Arti
1
Perisai
Upaya keras yang ditempuh secara terus menerus. Hanya orang yang pekerja keras yang bisa menjadi calon Anggota dengan memenuhi beberapa persyaratannya.
2
Rantai (di sebelah kiri)
Ikatan kekeluargaan, persatuan dan persahabatan yang kokoh. Bahwa anggota sebuah Koperasi adalah Pemilik Koperasi tersebut, maka semua Anggota menjadi bersahabat, bersatu dalam kekeluargaan, dan yang mengikat sesama anggota adalah hukum yang dirancang sebagai Anggaran Dasar (AD) / Anggaran Rumah Tangga (ART) Koperasi. Dengan bersama-sama bersepakat mentaati AD/ART, maka Padi dan Kapas akan mudah diperoleh.
3
Kapas dan Padi (di sebelah kanan)
Kemakmuran anggota koperasi secara khusus dan rakyat secara umum yang diusahakan oleh koperasi. Kapas sebagai bahan dasar sandang (pakaian), dan Padi sebagai bahan dasar pangan (makanan). Mayoritas sudah disebut makmur-sejahtera jika cukup sandang dan pangan.
4
Timbangan
Keadilan sosial sebagai salah satu dasar koperasi. Biasanya menjadi simbol hukum. Semua Anggota koperasi harus adil dan seimbang antara "Rantai" dan "Padi-Kapas", antara "Kewajiban" dan "Hak". Dan yang menyeimbangkan itu adalah Bintang dalam Perisai.
5
Bintang
Dalam perisai yang dimaksud adalah Pancasila, merupakan landasan ideal koperasi. Bahwa Anggota Koperasi yang baik adalah yang mengindahkan nilai-nilai keyakinan dan kepercayaan, yang mendengarkan suara hatinya. Perisai bisa berarti "tubuh", dan Bintang bisa diartikan "Hati".
6
Pohon Beringin
Simbol kehidupan, sebagaimana pohon dalam Gunungan wayang yang dirancang oleh Sunan Kalijaga. Dahan pohon disebut kayu (dari bahasa Arab "Hayyu"/kehidupan). Timbangan dan Bintang dalam Perisai menjadi nilai hidup yang harus dijunjung tinggi.
7
Koperasi Indonesia
Koperasi yang dimaksud adalah koperasi rakyat Indonesia, bukan Koperasi negara lain. Tata-kelola dan tata-kuasa perkoperasian di luar negeri juga baik, namun sebagai Bangsa Indonesia harus punya tata-nilai sendiri.
8
Warna Merah Putih
Warna merah dan putih yang menjadi background logo menggambarkan sifat nasional Indonesia.

7





Siswa mampu menyebutkan ciri-ciri jenis transportasi jika disajikan gambar salah satu jenis alat transportasi
Ciri transportasi modern:
-          Menggunakan mesin
-          Lebih cepat
8

Siswa mampu memilih dampak dari salah satu masalah sosial yaitu mutu pendidikan rendah
Dampak pendidikan rendah:
[  Pengangguran
[  Kemiskinan

9

Siswa mampu menyebutkan ciri-ciri meningkatnya salah satu gejala social di Indonesia

ciri-ciri meningkatnya kemiskinan di daerah perkotaan
              Banyaknya pengangguran
              Banyaknya pemukiman kumuh

10

Jika disajikan daftar peninggalan sejarah, Siswa mampu memilih mana sajakah yg merupakan peninggalan kerajaan bercorak Hindu
Peninggalan kerajaan Kutai:
-          Prasasti Yupa
-          kalung Cina yang terbuat dari emas;
-          satu arca Bulus;
-          dua belas arca batu.

Peninggalan Kerajaan Tarumanegara, antara lain:
1)             Prasasti Ciaruteun,
2)            Prasasti Pasir Koleangkak,
3)            Prasasti Kebon Kopi,
4)            Prasasti Tugu,
5)            Prasasti Pasir Awi,
6)            Prasasti Muara Cianten,
7)            Prasasti Cidanghiang,
8)            Arca Rajasi,
9)            Arca Wisnu Cibuaya I,
10)  Arca Wisnu Cibuaya II.

Peninggalan-peninggalan Kerajaan Bali antara lain:
1)             Prasasti berangka tahun 882 Masehi;
2)            Prasasti tahun 896 Masehi;
3)            Tugu Sanur, berangka tahun 914 Masehi.

Peninggalan Kerajaan Pajajaran antara lain:
1)             Prasasti Rakyan Juru Panghambat (923 M)
2)            Prasasti  Horren,
3)            Prasasti  Citati Cibadak(1030 M),
4)            Prasasti  Astana Gede,
5)            Prasasti  Batutulis Bogor(1333 M)


11

Jika disajikan peta, siswa mampu menunjukkan letak pusat kerajaan masa Hindu Budha
kerajaan  Sriwijaya











12

Siswa mampu menyebutkan pendiri salah satu kerajaan, jika ditanyakan tentang kerajaan masa hindu budha
Pendiri Kerajaan Majapahit adalah Raden Wijaya
Kerajaan Bali didirikan oleh Dinasti Warmadewa



13

Siswa mampumemilih penjelasan yang tepat jika disajikan pertanyaan tentang pembagian waktu
Derajat
0
15
30
45
60
75
90
105
120
135
150
165
Selisih waktu

0
GMT

1

2

3

4

5

6

7
WIB

8
WITA

9
WIT

10

11

Apabila kamu mengamati acara televisi pada saat pergantian tahun baru, akan tampak sekali adanya perbedaan waktu di wilayah Indonesia.
Jadi, jika di Kota Medan (WIB) menunjukkan pukul 08.00, maka di Kota Denpasar (WITA) adalah pukul 09.00 (08.00 + 1 jam) dan di Kota Ambon (WIT) pukul 10.00 (08.00 + 2 jam).
Sebaliknya, jika di Kota Jayapura Papua (WIT) pukul 10.00, maka di Kota Kupang NTT (WITA) adalah pukul 09.00 (10.00 - 1 jam) dan di Kota Padang (WIB) adalah pukul 08.00 (10.00 - 2 jam).

14



Siswa mampu menyebutkan dampak negatif/positif dari pembangunan jika disajikan pertanyaan dampak pembangunan
Dampak negative pembangunan bandara:
F  Pengurangan daerah hijau karena digunakan untuk bandara
F  Belum siapnya Sumber Daya Manusia (SDM)
F  Adanya perubahan kultur masyarakat (peralihan dan pergeseran pekerjaan masyarakat ke sektor informal lainnya)

15
Siswa mampu menyebutkan nama-nama suku yang mendiami pulau-pulau tertentu di Indonesia, jika ditanyakan tentang suku

No.
NamaProvinsi
NamaSukuBangsa
1.

2.

3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
11.
12.
13.
14.
15.
16.
17.
18.
19.
20.
21.
22.
23.
24.
25.
26.
27.
28.
29.
30.
NanggroeAceh Darussalam SumatraUtara

SumatraBarat
Riau
Jambi
Bengkulu
SumatraSelatan
BangkaBelitung
Lampung
Banten
JawaBarat
DKIJakarta
JawaTengah
DI Yogyakarta
JawaTimur
KalimantanBarat
KalimantanTimur
KalimantanSelatan
KalimantanTengah
SulawesiUtara
Gorontalo
SulawesiTengah
Sulawesi Tenggara
SulawesiSelatan
Bali
NTB NTT
Maluku
MalukuUtara
Papua
Aceh,Gayo,Tamiang,Alas,danSimeulue

BatakToba,BatakKaro,BatakMandailing,Nias, danSimalungun
Minangkabau,TanjungKoto,Panyalai,danMentawai
Sakai,Hutan,Melayu,Bunai,Kubu,danAkit
Kerinci,Melayu,Penghulu,Batin,Kubu
Enggano,RejangLebong,Gumai,Kur,danSerawi
Komering,Palembang,Sameda,Ranau,danOgan
Bangka,Belitung,danMendanau
Rawas,Melayu,Semendo,Pubian,danAbung
Badui
Sunda
Betawi
Jawa,Samin,danKarimun
Jawa
Madura,Jawa,Osing,danTengger
Dayak,Ngaju,Murut,Puanan,danApokayan
Bulungan,Tidung,Abai,danKayan
BanjarHulu,danBanjarKuala
Ngaju,Lawang,Dusun,danBukupai
SangirTalaud,Minahasa,danBantik
Gorontalo
Mori,Banggai,Kuwali,Kaali,danBalatar
Muna,Buton,Wolia,danBalatar
Bone,Bugis,Toraja,Makasar,danSelayar
Bali
Sasak,Bima,Dongo,Sumbawa,danDompu
Flores,Sumba,Sabu,Rote,danTimor
Ambon,AliFuru,Faru,Aru,danTogite
Obi,danTernate
Dani,Asmat,Sentani,Mooi,KaureDera,Manen,
Morwap,danMolof
Pulau Jawa            : Jawa, Sunda, Betawi, Tengger
Pulau Sumatra      : Batak, Melayu, Aceh
Pulau Kalimantan : Dayak, Banjar,
Pulau Sulawesi      : Bugis, Bima,
Pulau Papua         : Asmat, Dhani
Maluku                   : Ambon
Suku di Pulau Jawa:
!   Suku Jawa
!   Suku Sunda
!   Suku Tengger
!   Suku Samin
!   Suku Osing

16

Siswa mampu mengartikan salah satu lambang koperasi dg baik jika disajikan pertanyaan tentang koperasi

No
Lambang
Arti
1
Perisai
Upaya keras yang ditempuh secara terus menerus. Hanya orang yang pekerja keras yang bisa menjadi calon Anggota dengan memenuhi beberapa persyaratannya.
2
Rantai (di sebelah kiri)
Ikatan kekeluargaan, persatuan dan persahabatan yang kokoh. Bahwa anggota sebuah Koperasi adalah Pemilik Koperasi tersebut, maka semua Anggota menjadi bersahabat, bersatu dalam kekeluargaan, dan yang mengikat sesama anggota adalah hukum yang dirancang sebagai Anggaran Dasar (AD) / Anggaran Rumah Tangga (ART) Koperasi. Dengan bersama-sama bersepakat mentaati AD/ART, maka Padi dan Kapas akan mudah diperoleh.
3
Kapas dan Padi (di sebelah kanan)
Kemakmuran anggota koperasi secara khusus dan rakyat secara umum yang diusahakan oleh koperasi. Kapas sebagai bahan dasar sandang (pakaian), dan Padi sebagai bahan dasar pangan (makanan). Mayoritas sudah disebut makmur-sejahtera jika cukup sandang dan pangan.
4
Timbangan
Keadilan sosial sebagai salah satu dasar koperasi. Biasanya menjadi simbol hukum. Semua Anggota koperasi harus adil dan seimbang antara "Rantai" dan "Padi-Kapas", antara "Kewajiban" dan "Hak". Dan yang menyeimbangkan itu adalah Bintang dalam Perisai.
5
Bintang
Dalam perisai yang dimaksud adalah Pancasila, merupakan landasan ideal koperasi. Bahwa Anggota Koperasi yang baik adalah yang mengindahkan nilai-nilai keyakinan dan kepercayaan, yang mendengarkan suara hatinya. Perisai bisa berarti "tubuh", dan Bintang bisa diartikan "Hati".
6
Pohon Beringin
Simbol kehidupan, sebagaimana pohon dalam Gunungan wayang yang dirancang oleh Sunan Kalijaga. Dahan pohon disebut kayu (dari bahasa Arab "Hayyu"/kehidupan). Timbangan dan Bintang dalam Perisai menjadi nilai hidup yang harus dijunjung tinggi.
7
Koperasi Indonesia
Koperasi yang dimaksud adalah koperasi rakyat Indonesia, bukan Koperasi negara lain. Tata-kelola dan tata-kuasa perkoperasian di luar negeri juga baik, namun sebagai Bangsa Indonesia harus punya tata-nilai sendiri.
8
Warna Merah Putih
Warna merah dan putih yang menjadi background logo menggambarkan sifat nasional Indonesia.

17

Jika disajikan uraian jenis koperasi, siswa mampu menunjukan jenis koperasi dg benar
  • Menyediakan/menjual kebutuhan sehari-hari seperti beras, gula, kopi, dsb…………………………………..koperasi konsumsi.
  • Membantu anggota memperoleh kredit atau pinjaman uang………………………………..koperasi simpan pinjam/koperasi kredit.
  • Memproduksi barang, menyediakan bahan baku nproduksi, menampung hasil usaha anggotanya………………………………koperasi produksi.
  • Pengadaan bibit unggul, penyediaan pupuk, obat hama, penyuluhan……………………………….koperasi pertanian.
  • Menyediakan kebutuhan para anggotanya yang merupakan pensiunan……………………………..koperasi pensiunan.
  • Branggotakan pegawai negeri dan bertujuan meningkatkan kesejahteraan para pegawai negeri……………………………………..koperasi pegawai negeri
  • Beranggotakan warga sekolah, menyediakan alat2 sekolah……………………………..koperasi sekolah.
  • Beranggotakan masyarakat desa…………………………………KUD

18

Siswa mampu menunjukkan peranan gubernur jenderal yg pernah memimpin di Indonesia

Gubernur Jendral yang memerintahkan kerja paksa /Rodi
Orang kejam itu adalah Herman WillemDaendels, terkenal dengan panggilan Daendels




Gubernur Jendral yg melaksanakan Tanam Paksa :Gubernur JenderalJohannes Van den Bosch


19

Siswa mampu menunjukan pemimpin pemberontakan dari jaman jepang jika ditanya pemberontakan terhadap penjajahan jepang

Perlawanan rakyat Indonesia ini dapat digolongkan dalam 3 bagian sebagai berikut:
a.     Melalui perjuangan organisasi yang dibentuk oleh Jepang, antara lain;
1) perjuangan dari Gerakan 3A yang dipimpin oleh Syamsudin SH, tahun 1943;
2) Putera (Perjuangan Pusat Tenaga Rakyat) yang dipimpin oleh Ir.Soekarno, Drs. Moh. Hatta, Ki Hajar Dewantara, Kiai Haji MasMansur tahun 1943;
3) perjuanganPeta (Pembela Tanah Air) dipimpin oleh Supriadi tahun 1943.

b.     Melalui gerakan bawah tanah, yaitu perjuangan yang bertentangan dengan kehendak pemerintah Jepang, antara lain:
1)      perjuangan yang dipimpin oleh Amir Sjarifudin tahun 1943;
2)     perjuangan yang dipimpin oleh Sutan Sahrir tahun 1943;
3)     perjuangan yang dipimpin Sukarni;
4)     perjuangan yang dipimpin Ahmad Subarjo, SH tahun 1943.

c.      Perjuangan yang dilakukan rakyat, yaitu:
1)      perjuangan rakyat Aceh yang dipimpin oleh Teungku Abdul Jaliltahun 1942;
2)     perjuangan rakyat Karangampel Sindang Kabupaten Indramayuyang dipimpin oleh Haji Hadriyan tahun 1944;
3)     perjuangan rakyat Sukamanah Kabupaten Tasikmalaya yangdipimpin oleh Haji Zaenal Mustofa tahun 1943;
4)     perjuangan rakyat Blitar yang dipimpin oleh Supriadi tanggal 14Pebruari 1945.

20
Siswa mampu memilih kepanjangan dari lembaga-lembaga yg ada pada jaman jepang
BPUPKI: Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaaan Indonesia
PPKI : Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia

21
Siswa mampu menunjukan hasil dari kerja panitia Sembilan yg dipimpin oleh Soekarno dg benar
PIAGAM JAKARTA (JAKARTA CHARTER)

22

Siswa mampu menjawab tentang proklamasi dg tepat

Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Jumat, 17 Agustus 1945 Tahun Masehi, atau 17 Agustus 2605 menurut tahun Jepang dibacakan oleh Ir. Soekarno yang didampingi oleh Drs. Mohammad Hatta di Jalan Pegangsaan Timur 56, Jakarta PusatDi Rumah Ir Soekarno

23
Siswa mampu menunjukan tokoh-tokoh pada peristiwa proklamasi dg benar

Penjahit Bendera Pusaka adalah Fatmawati
Yg mengetik naskah: Sayuti melik
Yg membacakan: Soekarno-Hatta
Yg mengibar bendera: Latif Hendraningrat dan Suhud

24
Siswa mampu menunjukan salah satu kota yg mendapat gelar, jika ditanya tentang gelar sebuah kota
Kota Pahlawan…………….Surabaya

25
Siswa mampu menyebutkan salah satu isi pokok, jika disajikan UU no 18 tahun 2001 tentang provinsi Aceh
DI Aceh menjadi Nanggroe Aceh Darussalam

26
Siswa mampu menyebutkan provinsi dari salah satu pulau dg tepat, jika disajikan pertanyaan ttg provinsi
Pulau Nusa kambangan, Cilacap,  ProvinsiJawa Tengah.

27
Siswa mampu menyebutkan sesuatu tentang Deklarasi Juanda
13 December 1957 Deklarasi Juanda dikeluarkan

28
Siswa mampu sesuatu tentang Dekrit Presiden dg baik
Kembalinya Indonesia ke NKRI dan UUD 1945, yaitu setelah dikeluarkannya Dekrit Presiden, 5 Juli 1959

29
Siswa mampu memilih sebutan untuk kepala daerah kota dg benar, jika ditanyakan system administrasi di Indonesia
Kepala daerah Kota……………Walikota

30
Jika disajikan bidang pembangunan, siswa mampu memilih yg merupakan kerjasama ASEAN
Pembangunan pedesaan, membangunproyek-proyekindustriASEAN,sepertiproyek pabrikpupuk ureaamoniadiIndonesiadanMalaysia,proyekindustri tembagadiSinga- pura,proyek pabrikmesin diesediSingapura,dan proyek pabriksuper- fosfor diThailand

31

Siwa mampu menyebutkan batas-batas wil Indonesia dg Negara tetangga
Batas Indonesia:
-          Barat      :Samudra Indonesia
-          Timur     : Negara Papua Nugini, Timor Leste, dan Samudra Pasifik
-          Utara      : Negara MalaysiaSingapura, Filipina, dan Laut Cina Selatan
-          Selatan   : Negara Australia, Timor Leste, dan Samudra Indonesia

32
Siswa mampu menyebutkan nama salah satu jenis kegiatan antara Negara ASEAN
kegiatan olah raga antara negara ASEAN:
SEA GAMES

33
Siswa mampu menyebutkan letak astronomis Negara di ASEAN
Letak astronomis Myanmar: 9°58’ LU – 28°29’ LU dan 92°11’ BT – 101°10’ BT

Letak astronomis Indonesia:









34

Siswa mampu menyebutkan ciri-ciri Negara ASEAN

negara ASEAN  yang tidak memiliki garis pantai
Laos

35

Siswa mampu menyebutkan kepala Negara dari Negara di ASEAN

Negara
Bentuk Negara/ bentuk pemerintahan
Kepala negara
1.Malaysia
Kesultanan
Yang Dipertuan Agong
2.Singapura
Republik
Presiden
3.Brunei darussalam
Kesultanan/ kerajaan
Sultan
4.Thailand
Kerajaan (monarki)
Raja
5.Myanmar
Republik parlementer
Presiden
6.Vietnam
Republik komunis
Presiden
7.Kamboja
Kerajaan
Raja
8.Laos
Republik
Presiden
9.Philipina
Republik
Presiden
10.Timor Leste
Republik
Presiden
11.Indonesia 
Republik
Presiden

36


















Siswa mampu memilih sebutan benua, jika disajikan pertanyaan tentang benua
Benua Hitam : AFRIKA
Benua tak berpenghuni : ANTARTIKA
Benua yg semua di belahan bumi utara : EROPA
Benua yg semua di belahan bumi selatan : AUSTRALIA, ANTARTIKA

37

Siswa mampu menyebutkan dua Negara Amerika Selatan, jika disajikan table Negara-negara di dunia

Negara2 di Amerika Selatan beserta ibu katanya:
³  Argentina……………….Buenos Aires
³  Bolivia………………….La Paz, Sucre
³  Brasil…………………Brasilia
³  Chili……………………Santiago
³  Kolombia………………..Bogota
³  Ekuador………………..Quito
³  Kepulauan Falkland…………………Stanly
³  Guyana Prancis…………………..Cayenne
³  Guyana…………………Georgetown
³  Paraguay………………….Asuncion
³  Peru……………………Lima
³  Suriname……………………Paramaribo
³  Uruguay…………………….Montevideo
³  Venezuela……………………..Caracas

38

Siswa mampu menyebutkan Negara tempat keberadaan keajaiban dunia, jika ditanya tentang keajaiban dunia

Ka’bah                    : Arab Saudi
Borobudur              : Indonesia
Taman Gantung    : Babilonia
Tembok Cina          : Cina
Taj Mahal               : India
Pyramid                 : Mesir
Menara Pisa           : Italia
Menara Eifel       :Prancis

39

Siswa mampu menyebutkan dua Negara Asia Timur dg tepat, jika disajikan table Negara-nagara di dunia

[  Jepang
[  Korea Utara
[  Korea Selatan
[  RRC
[  Taiwan
[  Mongolia

40

Siswa mampu memilih devinisi salah satu gempa dg tepat

Gempa bumi di bagi menjadi dua jenis, yaitu
1)   Gempa tektonik adalah gempa yang terjadi karena pergeseran lapisan permukaan bumi.
Gempa ini dapat terjadi di daratan dan laut.
2)   Gempa vulkanik adalah gempa yang terjadi di sekitar gunung api yang akan meletus.
Gempa ini hanya terasa di daerah sekitar gunung tersebut.

41

Siswa mampu menyebutkan tahun salah satu peristiwa alam besar di dunia

Gunung Krakatau meletus pada 26-8-1883

Tsunami Aceh : 26-12-2004








42

Jika disajikan gambar bencana alam, siswa mampu menyebutkan akibat kejadian tsb.

Akibat lahan gundul:
³  Erosi/tanah longsor
³  Banjir

Akibat Banjir:
F  Bangunan dan tempat ting-gal, serta harta benda rusak karena terendam air.
F  Penduduk terpaksa mening- galkan tempat tinggalnya dan mengungsi di tempat lain.
F  Pabrik  dan  kantor-kantor ter- paksa berhenti bekerja.
F  Jalan dan  jembatan rusak.
F  Timbul  berbagai macam pe- nyakit,  seperti penyakit kulit dan penyakit menular lainnya

Akibat Gunung meletusรจAwan panasnya bisa memusnahkan semua makhluk hidup yang dilewatinya.
43

Siswa mampu menunjukan sikap cara-cara menghadapi bencana alam ttt.



Cara menghadapi tsunami:
³  berlari ke daratan yang lebih tinggi jika gejala tsunami datang


44

Siswa mampu menyebutkan badan-badan yg bertugas mengurusi bencana alam

badan nasional yang bertugas mengurusi bencama alam
              Bakornas
              Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)

45

Siswa mampu menjawab ttg globalisasi dg tepat

Globalisasi merupakan proses masuknya ke ruang lingkup dunia, atau
Globalisasi adalah suatu proses yang menempatkan masyarakat dunia dapat menjangkau satu dengan yang lain atau saling terhubungkan dalam semua aspek kehidupan

46
Siswa mampu menunjukan dampak positif/negative dari globalisasi

Dampak positif globalisasi antara lain:
  • Mudah memperoleh informasi dan ilmu pengetahuan
  • Mudah melakukan komunikasi
  • Cepat dalam bepergian (mobilitas tinggi)
  • Menumbuhkan sikap kosmopolitan dan toleran
  • Memacu untuk meningkatkan kualitas diri
Daampak negative globalisasi:
  • Gaya hidup kebarat-baratan (pakaian minim, makan sambil berdiri, dsb)
  • Sopan-santun berkurang
  • Nilai tradisi bangs Indonesia terkikis
  • Dll
47

Siswa mampu menunjukan dampak dari investasi asing di Indonesia

dampak negatif investasi asing di Indonesia
              Pencemaran dan kerusakan lingkungan
              Adanya alih fungsi lahan
              Mendorong masy. Berperilaku konsumtif
              Masy. Tidak sepenuhnya dapat menikmati kekayaan alam
              Adanya ketergantungan Negara pada investasi asing

Dampak positif/Keuntungan investasi (penanaman modal) asing di Indonesia:
$ Dapat menjlankan produksi

48

Siswa mampu menyebutkan barang-barang yg merupakan ekspor maupun impor, jika disajikan table barang komoditas


Komoditas Impor:
³  Susu, buah, sabun, kosmetik (barang konsumsi)
³  Bahan kimia, bahan obat, benang tenun, besi, baja(bahan baku)
³  Mesin-mesin, alat telekomunikasi, peralatan listrik, alat pengangkutan (barang modal)
Komoditas Ekspor:







49
Siswa mampu menunjukkan sikap-sikap terhadap produksi dalam negeri dg benar

Lebih Cinta produk dalam negeri daripada produk impor (luar negeri)::::mau memakai produk dalam negeri

50



No comments:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung.
Semoga menemukan yang anda cari.
Kami harapkan komentarnya, saran-kritik.
Silahkan telusuri laman berikutnya.

Featured Post

Soal UAS dan UTS ulangan Agama - Umum SD/MI kelas 1 2 3 4 5 6

Soal UAS Semester II Kelas 6 SBK Soal UAS Semester II Kelas 5 BTQ Soal UTS Semester I Kelas 1 BTQ Soal UTS Semester I Kelas 2 BTQ Soa...