KISI KISI UMIPS
TAHUN PELAJARAN 2012/2013
PAKET 1
INDIKATOR
|
URAIAN MATERI
|
NO
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Disajikan gambar symbol, siswa dapat
menunjukan arti gambar simbol tersebut dengan tepat
|
1
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Siswa mampu menyebutkan salah satu kenampakan alam jika disebutkan
ciri-ciri kenampakan alam
|
Ciri-ciri
dataran rendah:
Ketinggian
antara 0-200 m dari permukaan air laut
Ciri-ciri
dataran tinggi:
Dataran tinggi bisa
juga terjadi oleh bekas kaldera luas, yang tertimbun
material dari lereng gunung sekitarnya. Dataran tinggi dari kategori terakhir
ini antara lain adalah Dataran Tinggi Dieng di Jawa Tengah
|
2
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Siswa mampu menunjukan definisi
sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui jika disajkan pertanyaan
tentang sumber daya alam.
|
|
3
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Siswa mampu menyebutkan
daerah asal Senjata jika disajikan gambar salah satu senjata tradisional
|
Rencongdari Ace KujangdariJawaBarat
KerisdariJawaTengah |
4
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Siswa mampu memilih jawaban dengan
baik jika disajikan definisi salah satu peninggalan sejarah
|
5
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Siswa
mampu menyebutkan salah satu bentuk kegiatan ekonomi jika disajikan daerah tempat tinggal
|
Hidup
di daerah pantai: nelayan
Hidup
di dataran rendah : petani
Hidup
di dataran tinggi : petani sayuran
|
6
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Siswa
mampu menyebutkan keekuasaantertinggi
koperasi jika disajikan pertanyaan tentang koperasi.
|
Yang
memegang kekuasaan tertinggi dalam koperasi adalah rapat anggota
koperasi
tersebut
|
7
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Siswa
mampu menyebutkan jenis koperasi jika disajikan jenis usaha koperasi tersebut
|
Beranggotakan
masyarakat desa…………………………………KUD
|
8
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Siswa
mampu memilih dampak positif
dari tekhnologi masa kini,jika disajikan berbaga dampak positif/negatif
|
Dampak
Positif (dampak yang baik) Teknologi masa kini:
|
9
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Siswa
mampu menyebutkan dampak dari rendahnya kualitas SDM di Indonesia
|
Dampak
dari rendahnya kualitas SDM
di Indonesia
+
Banyak pengangguran
+
Meningkatnya kemiskinan
+
Meningkatnya tindak kriminalitas
|
10
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Siswa
mampu menyebutkan raja terkenal
Kerajaan Hindu jika
ditanyakan tentang kerajaan Hindu
|
Raja terkenalรจ
Kerajaan
Kutai :Mulawarman
Raja
yang terkenal dari Tarumanegara adalah Purnawarman
Kerajaan
Kediri :Jayabaya
Kerajaan
Singasari :Kertanegara
Kerajaan
Majapahit :Hayam Wuruk
|
11
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Jika
disajikan tabel kerajaan yang ada di Indonesia siswa mampu memilih mana yang
termasuk kelompok kerajaan bercorak Islam
|
Kerajaan
bercorak Islam:
1.
Samudera Pasai
2.
Aceh
3.
Demak
4.
Banten
5.
Gowa Talo
|
12
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Siswa
mampu memilih
isi Sumpah Palapa dengan tepat jika
ditanyakan tentang Sumpah Palapa
|
Sira Gajah Madapatih Amangkubhumi
tan ayun amuktia palapa, sira Gajah Mada: "Lamun huwus kalah nusantara
isun amukti palapa, lamun kalah ring Gurun, ring Seran, Taรฑjung Pura, ring
Haru, ring Pahang, Dompo, ring Bali, Sunda, Palembang, Tumasik, samana isun
amukti palapa".
Terjemahannya,
Beliau
Gajah Mada Patih Amangkubumi tidak ingin melepaskan puasa. Ia Gajah Mada,
"Jika telah mengalahkan Nusantara, saya (baru akan) melepaskan puasa.
Jika mengalahkan Gurun, Seram, Tanjung Pura, Haru, Pahang, Dompo, Bali,
Sunda, Palembang, Tumasik, demikianlah saya (baru akan) melepaskan
puasa".
Inti: Gajah Mada tidak
akan merasakan Palapa (kenikmatan dunia) sebelum Nusantara dapat disatukan di
bawah kekuasaan Majapahit
|
13
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Jika
disajikan simbol peta, siswa mampu menjelaskan arti simbol peta tersebut.
|
14
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Siswa
mampu menyebutkan dampak positif dari pembangunan jika disajikan pertanyaan
tentang dampak pembangunan waduk
|
Dampak
positif waduk:
ร
PLTA
ร
Irigasi
ร
Tempat wisata
ร
Budidaya ikan air tawar
|
15
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Siswa
mampu menyebutkan suku bangsa yang ada di Pulau Jawa, jika disajikan tabel suku bangsa di Indonesia
|
Suku di Pulau Jawa:
!
Suku Jawa
!
Suku Sunda
!
Suku Tengger
!
Suku Samin
!
Suku Osing
!
Suku betawi
|
16
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Siswa
mampu menyebutkan jenis usaha yang paling banyak dilakukan bangsa Indonesia
|
Jenis
usaha yang paling banyak dilakukan di Indonesia adalahpertanian
|
17
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Siswa mampu
menyebutkan arti lambang koparasi jika ditanyakan salah satu lambang koprasi.
|
Arti dari Lambang :
|
18
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Siswa
mampu menyebutkan dengan
benar jika disajikan pertanyaan tentang VOC
|
Vereenigde
Oostindische Compagnie (Perserikatan Perusahaan Hindia Timur atau Perusahaan
Hindia Timur Belanda) atau VOC didirikan pada tanggal 20 Maret 1602.
tujuan
pendirian VOC:
1.
Menghindari persaingan dagang di antara para
pedagang Belanda
2.
Memperkuat kedudukan Belanda dalam menghadapi
persaingan dagang
3.
Mengadakan monopoli dagang di Indonesia
Gubernur
Jenderal VOC yg pertama รจ Pieter Both
VOC
dibubarkan pada รจ 31 Desember 1799
|
19
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Siswa
mampu memilih daerah asal dari salah satu tokoh pejuang
|
MASA
BELANDA
รพ
Sultan Ageng Tirtayasaรจ Banten
รพ
Sultan Hasanudinรจ Makasar
รพ
Pattimuraรจ Maluku
รพ
Tuanku Imam Bonjolรจ Sumatera
Barat
รพ
Pangeran Diponegoroรจ Yogyakarta
รพ
Teuku Umar, Cut Nyak Dienรจ Aceh
รพ
I Gusti Ketut JelantikรจBali
รพ
Sisingamangaraja XIIรจ Tapanuli
รพ
Pangeran Antasariรจ KalSel
|
MASA
JEPANG
รพ K.h. Zaenal
Mustofaรจ Singaparna
รพ Tengku Abdul
JalilรจAceh
รพ
SupriyadiรจBlitar
|
20
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Siswa
mampu memilih nama lain dari Dokuritsu jumbai Cosakai dengan benar
|
21
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Siswa
mampu memilih tokoh yang memimpin BPUPKI dg benar jika disajikan gambar tokoh tsb.
|
Radjiman
Widyodiningrat
|
22
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Siswa
mampu memilih tokoh yang terlibat dalam peristiwa proklamasi
|
Yg mengetik naskah:>>>
Sayuti melik
Yg
membacakan:>>>>>>> Soekarno-Hatta
Yg mengibar
bendera: >>Latif Hendraningrat dan Suhud
|
23
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Siswa
mampu menunjukan tokoh yg menjahit
bendera merah putih pada peristiwa proklamasi
|
Tokoh yg menjahit
bendera merah putih pada peristiwa proklamasi>>>
Fatmawati
|
24
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Siswa
mampu menunjukan tokoh jendral sekutu yang tewas dalam peristiwa di Surabaya
|
Tokoh
jendral sekutu yang tewas dalam peristiwa di Surabaya:
Brig.Jend.Mallaby.
|
25
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Siswa
mampu menyebutkan jumlah propinsi propinsi yang ada di Indonesia sekarang ini
dengan benar.
|
Jumlah propinsi
propinsi yang ada di Indonesia sekarang ini : 33
|
26
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Siswa
mampu menyebutkan provinsi termuda
Indonesia sekarang ini dg tepat
|
Provinsi termuda
Indonesia
>>>>SULAWESI BARAT
|
27
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Siswa
mampu menyebutkan ibukota propinsi
jika ditanyakan ibukota propinsi yang ada di Indonesia
|
|
28
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Siswa mampu memilih isi pokok deklarasi Juanda dengan
benar jika ditanyakan tentang deklarasi Juanda
|
Pada tanggal 13 Desember 1957 keluar Deklarasi Juanda. Peraturan ini kemudian disahkan menjadi UU No.4 PrpTahun 1960.
Isinya tentang wilayah laut teritorial 12 mil laut atau
22 km dari pantai terluar.
Perairan tersebut menjadi wilayah kedaulatan Indonesia. Perairan antar pulau
secara otomatis juga menjadi wilayah kita. Perairan antar pulau ini disebut
perairan Nusantara.
|
29
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Siswa mampu menguraikan sebab dilarangnya pukat harimau
dan bahan peledak dalam menangkap ikan, dengan benar
|
Pukat harimau adalah
sejenis jala besar dengan ukuran lobang yang kecil.
Dampak negative dari penggunaan pukat harimau dan
bahan peledak:
|
30
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Siswa mampu menjawab pertanyaan ttg ASEAN
|
ASEAN = Association of South East Asian Nations
ASEAN didirikan pada tgl 8 Agustus 1967, di Bangkok,
Thailand
Tokoh
pemrakarsa berdirinya ASEAN:
Indonesia :
Adam Malik
Malaysia
:
Tun Abdul Razak
Singapura : S. Rajaratnam
Filipina
:
Narsisco Ramos
Thailand
:
Thanat Khoman
Tujuan dibentuknya ASEAN:
Mendukung kemajuan pembangunan
Negara anggota
Mempercepat pertumbuhan
ekonomi,
kemajuan sosial, serta
pengembangan kebudayaan di kawasan ASEAN
Meningkatkan perdamaian dan stabilitas regional
Meningkatkan kerja sama
yang
aktif serta
saling membantu satu
dengan yang lain
Saling memberikan bantuan
dalam
bentuk sarana
pelatihan dan
penelitian dalam
bidang pendidikan, profesional, teknik, dan administrasi.
Meningkatkan kerja sama
yang lebih
efektif dalam
meningkatkan penggunaan pertanian serta industri, perluasan perdagangan
komoditas internasional, perbaikan
sarana pengangkutan dan komunikasi, serta peningkatan taraf hidup mereka
|
31
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Jika disajikan tabel nama-nama negara siswa mampu
memilih mana yang bukan merupakan negara Anggauta ASEAN
|
Anggota ASEAN YANG
BUKAN=SELAIN YG 10 DISAMPING!
|
32
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Siswa mampu menyebutkan bentuk kepala pemerintahan
negara tetangga
|
|
33
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Jika disajikan gambar bendera negara Asean siswa mampu
menyebutkan negara tersebut.
|
INDONESIA
MALAYSIA
SINGAPURA FILIPHINA
THAILAND
VIETNAM BRUNEI
DARUSALAM
LAOS KAMBOJA MYANMAR
|
34
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Siswa mampu menyebutkan negara terbesar penduduknya di
ASEAN.
|
Negara ASEAN yang terbesar penduduknya Indonesia
|
35
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Siswa mampu menyebutkan nama benua yang terbesar
di dunia
|
Benua yang terbesar di dunia: Asia
|
36
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Jika disajikan nama-nama negara siswa mampu memilih
negara yang termasuk pada benua Amerika.
|
Amerika Tengah
T
Antigua
T
Barbados
T
Belize
T
Costa Rica
T
Dominica
T
El Savador
T
Grenada
T
Guadeloupe
T
Guatemala
T
Haiti
T
Honduras
T
Kuba
T
Martinique
T
Nicaragua
T
Panama
T
Puerto Rico
T
Trinidad and Tobago
T
Jamaika
|
Amerika Selatan
S
Argentina
S
Bolivia
S
Brazil
S
Chili
S
Equador
S
Guyana
S
Kolumbia
S
Paraguay
S
Peru
S
Suriname
S
Uruguay
S
Venezuala
Amerika Utara:
U
Amerika Serikat (USA)
U
Kanada
U
Meksiko
|
37
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Siswa mampu menyebutkan Ibukota negara Arab Saudi
jika disajikan pertanyaan ttg ibukota negara
|
Ibu kota Arab Saudi adalah Riyadh
|
38
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Siswa mampu menyebutkan 2 lautan yang dihubungkan oleh
terusan suez di Mesir.
|
Terusan Suez menghubungkan Laut Tengah dan Laut Merah
|
39
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Siswa mampu menyebutkan batas sebelah barat dari Negara Amerika Serikat
|
Batas sebelah barat dari Negara Amerika Serikat : SAMUDERA PASIFIK
|
40
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Siswa mampu menyebutkan ciri-ciri bencana alam tsunami
dengan tepat
|
Tanda-tanda Tsunami:
-
Angin berhembus
beraroma garam
-
Suara gemuruh
-
Laut surut secara
tiba2
-
Banyak ikan2 mati di
pantai
|
41
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Siswa mampu menyebutkan satuan gempa dengan tepat
|
Satuan
gempa : Skala Richter
|
42
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Jika disajikan tabel penyebab bencana alam siswa mampu
menunjukan yang merupakan penyebab banjir
|
Penyebab banjir:
Curah hujan yang
tinggi
Saluran air yang
tersumbat
Daerah resapan air
berkurang
Perilaku buruk manusia
seperti membuah sampah sembarangan
Penebangan hutan
secara liar
Membangun perumahan di
tempat resapan air
|
43
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Siswa mampu bersikap dalam menghadapi bencanaalam tsunami
|
F Yang harus kita lakukan adalah: mencari daratan yang lebih tinggi
|
44
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Siswa mampu menunjukan sikap jika mendapati benda yang berfungsi untuk mendeteksi bencana alam tsunami
|
Jika mendapati benda yang berfungsi untuk mendeteksi bencana alam tsunami,
kita harus segera melapor dan mengembalikan kepada pihak yg berwenang agar
segera ditindak lanjuti
|
45
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Siswa mampu menunjukan manfaat globalisasi jika
ditanyakan ttg globalisasi
|
Manfaat globalisasi:
-
Informasi semakin
cepat dan mudah
-
Komunikasi cepat,
mudah, murah
-
Perjalanan cepat,
mudah, murah
-
Lalu lintas antar
Negara semakin cepat
-
Kejadian di
daerah/Negara lain dapat cepat diikuti
-
Memudahkan pekerjaan
|
46
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Siswa mampu memilih sikap yang tepat dalam menghadapi
globalisasi
jika ditanyakan ttg globalisasi
|
Menyikapi globalisasi:
v Belajar sungguh2 agar tidak kalah saing dengan Negara lain
v Bersikap Selektif dalam memilih budaya luar negeri (yang baik diambil,
yang buruk abaikan)
v Lebih cinta produksi dalam negeri agar Negara kita lebih maju
v Melestarikan nilai2 agama, social, dan moral agar terhindar dari
pengaruh buruk globalisasi
|
47
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Siswa mampu menunjukan keuntungan investasi asing di
Indonesia
jika ditanyakan ttg investasi
|
Keuntungan investasi (penanaman modal) asing di
Indonesia:
$ Dapat menjalankan produksi
$ Mengurangi pengangguran
Kerugian investasi asing di Indonesia:
$ Pencemaran dan kerusakan lingkungan
$ Adanya alih fungsi lahan
$ Mendorong masy bersikap konsumtif
$ Masy Indonesia tidak sepenuhnya dapat menikmati kekayaan alam
$ Adanya ketergantungan Negara pada investasi asing
|
48
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
\Siswa mampu memilih definisi Impor dengan baik jika
disajikan berbagai macam definisi
|
Impor adalah kegiatan mendatangkan barang atau membeli barang/jasa dari
luar negeri.
|
49
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Siswa mampu menyebutkan dampak negative jika orang Indonesia tidak menyukai produk dalam
negeri
|
Dampak negative jika orang Indonesia tidak menyukai produk dalam negeri:
-
Produk Indonesia kalah
saing dengan produk luar negeri
-
Perusahaan local akan
bangkrut/gulung tikar
-
Pertumbuhan ekonomi
Negara akan terhambat
-
Kesejahteraan
masyarakat Indonesia tidak terjamin
|
50
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
KISI
KISI UMIPS
TAHUN
PELAJARAN 2012/2013
PAKET 2
INDIKATOR
|
URAIAN MATERI
|
NO
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Siswa mampu menyebutkan
salah satu kenampakan alam jika disebutkan ciri-ciri kenampakan alam
tersebut
|
Ciri-ciri dataran rendah:
Ketinggian antara 0-200 m dari permukaan air laut
Ciri-ciri dataran
tinggi:
Dataran tinggi bisa juga terjadi oleh bekas
kaldera luas, yang tertimbun material dari lereng gunung
sekitarnya. Dataran tinggi dari kategori terakhir ini antara lain adalah Dataran Tinggi Dieng di Jawa Tengah
|
1
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Siswa mampu menunjukan mata pencaharian penduduk yang
hidup di daerah tertentu dengan tepat
|
Hidup di daerah
pantai: nelayan
Hidup di dataran
rendah : petani
|
2
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Siswa mampu menjawab gengan benar jika disajikan
pertanyaan salah satu penyebab kerusakan SDA
|
Penyebab kerusakan sumber daya alam:
F Ulah manusia yang tidak bertanggungjawab seperti
-
Menebang pohon secara
liar
-
Membuang limbah ke
sungai
-
Dll
F Bencana alam
|
3
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Jika disajikan
gambar senjata tradisional, siswa mampu menunjukkan daerah asal senjata
tersebut
|
Rencongdari Ace KujangdariJawaBarat
KerisdariJawaTengah |
4
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Siswa mampu menunjukkan tempat keberadaan salah satu
peninggalan bersejarah dg baik jika ditanyakan daerah tempat peninggalan
bersejarah
|
Q Borobudur terletak di Magelang, Jawa Tengah
Q Candi Muara Tikus : di Jambi.
Q Candi Gunung Wukir : di
Magelang, Jawa Tengah.
Q . Candi Kalasan : di Yogyakarta.
Q . Candi Condong songo : di Semarang, Jawa Tengah
Q Candi Mendut : di Magelang,
Jawa Tengah
Q . Candi Sewu : di Magelang, Jawa Tengah.
Q . Candi Pawon : di Magelang. Jawa Tengah
Q . Candi Sari : di Magelang, Jawa Tengah..
Q Candi Ngawen : di Magelang, Jawa Tengah
Q . Candi Dieng : di Jawa Tengah.
Q . Candi Prambanan : di Klaten, Jawa Tengah
|
5
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Siswa mampu
menyebutkan contoh SDA tertentu jika disajikan
macam-macam hasil SDA
|
SDA Perkebunan:
³ Teh
³ Kopi
³ Tembakau
³ Kelapa
³ Kelapa sawit
³ Karet
³ Dll
|
6
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Siswa mampu
menyebutkan arti lambang
koperasi jika disajikan salah
satu bagian lambang koperasi.
|
Arti dari Lambang :
|
7
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Siswa mampu
menyebutkan ciri-ciri jenis transportasi jika disajikan
gambar salah satu jenis alat transportasi
|
Ciri transportasi modern:
-
Menggunakan mesin
-
Lebih cepat
|
8
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Siswa mampu memilih
dampak dari salah satu masalah sosial yaitu mutu
pendidikan rendah
|
Dampak pendidikan rendah:
[ Pengangguran
[ Kemiskinan
|
9
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Siswa mampu
menyebutkan ciri-ciri meningkatnya salah satu gejala
social di Indonesia
|
ciri-ciri
meningkatnya kemiskinan di daerah perkotaan
Banyaknya pengangguran
Banyaknya pemukiman kumuh
|
10
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Jika disajikan daftar peninggalan sejarah, Siswa mampu memilih mana sajakah yg merupakan peninggalan kerajaan
bercorak Hindu
|
Peninggalan
kerajaan Kutai:
-
Prasasti
Yupa
-
kalung
Cina yang terbuat dari emas;
-
satu
arca Bulus;
-
dua
belas arca batu.
Peninggalan Kerajaan Tarumanegara, antara lain:
1) Prasasti Ciaruteun,
2) Prasasti Pasir Koleangkak,
3) Prasasti Kebon Kopi,
4) Prasasti Tugu,
5) Prasasti Pasir Awi,
6) Prasasti Muara Cianten,
7) Prasasti Cidanghiang,
8) Arca Rajasi,
9) Arca Wisnu Cibuaya I,
10) Arca Wisnu Cibuaya II.
Peninggalan-peninggalan Kerajaan Bali antara lain:
1) Prasasti berangka tahun 882
Masehi;
2) Prasasti tahun 896 Masehi;
3) Tugu Sanur, berangka tahun 914
Masehi.
Peninggalan Kerajaan Pajajaran antara lain:
1) Prasasti Rakyan Juru Panghambat
(923 M)
2) Prasasti Horren,
3) Prasasti Citati Cibadak(1030 M),
4) Prasasti Astana Gede,
5) Prasasti Batutulis Bogor(1333 M)
|
11
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Jika disajikan peta, siswa mampu menunjukkan letak pusat kerajaan masa
Hindu Budha
|
12
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Siswa mampu menyebutkan pendiri salah satu kerajaan, jika
ditanyakan tentang kerajaan masa hindu budha
|
Pendiri Kerajaan Majapahit adalah Raden Wijaya
Kerajaan Bali didirikan oleh Dinasti Warmadewa
|
13
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Siswa mampumemilih penjelasan yang tepat jika disajikan
pertanyaan tentang pembagian waktu
|
Apabila kamu
mengamati acara televisi pada saat pergantian tahun baru, akan tampak sekali adanya
perbedaan waktu di wilayah Indonesia.
Jadi, jika di Kota
Medan (WIB) menunjukkan pukul 08.00, maka di Kota Denpasar (WITA) adalah
pukul 09.00 (08.00 + 1 jam) dan di Kota Ambon (WIT) pukul 10.00 (08.00 + 2
jam).
Sebaliknya, jika di
Kota Jayapura Papua (WIT) pukul 10.00, maka di Kota Kupang NTT (WITA) adalah
pukul 09.00 (10.00 - 1 jam) dan di Kota Padang (WIB) adalah pukul 08.00
(10.00 - 2 jam).
|
14
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Siswa mampu
menyebutkan dampak negatif/positif dari pembangunan jika
disajikan pertanyaan dampak pembangunan
|
Dampak negative pembangunan bandara:
F Pengurangan
daerah hijau karena digunakan untuk bandara
F
Belum siapnya Sumber Daya Manusia
(SDM)
F
Adanya perubahan kultur masyarakat
(peralihan dan pergeseran pekerjaan
masyarakat ke sektor informal lainnya)
|
15
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Siswa mampu
menyebutkan nama-nama suku yang mendiami pulau-pulau tertentu di Indonesia, jika ditanyakan tentang suku
|
Pulau Jawa :
Jawa, Sunda, Betawi, Tengger
Pulau Sumatra :
Batak, Melayu, Aceh
Pulau Kalimantan :
Dayak, Banjar,
Pulau Sulawesi :
Bugis, Bima,
Pulau Papua :
Asmat, Dhani
Maluku :
Ambon
Suku di
Pulau Jawa:
! Suku Jawa
! Suku Sunda
! Suku Tengger
! Suku Samin
! Suku Osing
|
16
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Siswa mampu mengartikan salah satu lambang koperasi dg baik jika
disajikan pertanyaan tentang koperasi
|
|
17
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Jika disajikan uraian jenis koperasi, siswa mampu menunjukan jenis
koperasi dg benar
|
|
18
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Siswa mampu menunjukkan peranan gubernur
jenderal yg pernah memimpin di Indonesia
|
Orang
kejam itu adalah Herman
WillemDaendels,
terkenal dengan panggilan Daendels
|
19
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Siswa mampu menunjukan pemimpin pemberontakan
dari jaman jepang jika ditanya pemberontakan terhadap penjajahan jepang
|
Perlawanan rakyat Indonesia ini dapat digolongkan
dalam 3 bagian sebagai berikut:
a. Melalui
perjuangan organisasi yang dibentuk oleh Jepang, antara lain;
1) perjuangan dari Gerakan 3A yang dipimpin oleh
Syamsudin SH, tahun 1943;
2) Putera (Perjuangan Pusat Tenaga Rakyat) yang
dipimpin oleh Ir.Soekarno, Drs. Moh. Hatta, Ki Hajar Dewantara, Kiai Haji
MasMansur tahun 1943;
3) perjuanganPeta
(Pembela Tanah Air) dipimpin oleh Supriadi tahun 1943.
b. Melalui
gerakan bawah tanah, yaitu perjuangan yang bertentangan dengan kehendak
pemerintah Jepang, antara lain:
1) perjuangan
yang dipimpin oleh Amir Sjarifudin tahun 1943;
2) perjuangan
yang dipimpin oleh Sutan Sahrir tahun 1943;
3) perjuangan
yang dipimpin Sukarni;
4) perjuangan
yang dipimpin Ahmad Subarjo, SH tahun 1943.
c. Perjuangan
yang dilakukan rakyat, yaitu:
1) perjuangan
rakyat Aceh yang dipimpin oleh Teungku Abdul Jaliltahun 1942;
2) perjuangan
rakyat Karangampel Sindang Kabupaten Indramayuyang dipimpin oleh Haji
Hadriyan tahun 1944;
3) perjuangan
rakyat Sukamanah Kabupaten Tasikmalaya yangdipimpin oleh Haji Zaenal Mustofa tahun 1943;
4) perjuangan
rakyat Blitar yang
dipimpin oleh Supriadi tanggal
14Pebruari 1945.
|
20
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Siswa mampu memilih kepanjangan dari lembaga-lembaga
yg ada pada jaman jepang
|
BPUPKI:
Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaaan Indonesia
PPKI :
Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia
|
21
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Siswa mampu menunjukan hasil dari kerja
panitia Sembilan yg dipimpin oleh Soekarno dg benar
|
PIAGAM JAKARTA (JAKARTA CHARTER)
|
22
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Siswa mampu menjawab tentang proklamasi dg
tepat
|
Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Jumat, 17 Agustus 1945 Tahun Masehi, atau 17 Agustus 2605 menurut tahun Jepang dibacakan oleh Ir. Soekarno yang didampingi oleh Drs. Mohammad Hatta di Jalan Pegangsaan Timur 56,
Jakarta PusatDi Rumah Ir Soekarno
|
23
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Siswa mampu menunjukan tokoh-tokoh pada peristiwa
proklamasi dg benar
|
Penjahit Bendera Pusaka adalah Fatmawati
Yg mengetik naskah: Sayuti melik
Yg membacakan: Soekarno-Hatta
Yg mengibar bendera: Latif Hendraningrat dan Suhud
|
24
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Siswa mampu menunjukan salah satu kota yg mendapat
gelar, jika ditanya tentang gelar sebuah kota
|
Kota
Pahlawan…………….Surabaya
|
25
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Siswa mampu menyebutkan salah satu isi pokok, jika
disajikan UU no 18 tahun 2001 tentang provinsi Aceh
|
DI Aceh menjadi Nanggroe Aceh Darussalam
|
26
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Siswa mampu menyebutkan provinsi dari salah satu
pulau dg tepat, jika disajikan pertanyaan ttg provinsi
|
Pulau Nusa kambangan, Cilacap, ProvinsiJawa Tengah.
|
27
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Siswa mampu menyebutkan sesuatu tentang Deklarasi
Juanda
|
13 December 1957 Deklarasi
Juanda dikeluarkan
|
28
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Siswa mampu sesuatu tentang Dekrit Presiden dg
baik
|
Kembalinya Indonesia ke NKRI dan UUD 1945, yaitu setelah dikeluarkannya Dekrit Presiden, 5 Juli 1959
|
29
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Siswa mampu memilih sebutan untuk kepala
daerah kota dg benar, jika ditanyakan system administrasi di Indonesia
|
Kepala daerah Kota……………Walikota
|
30
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Jika
disajikan bidang pembangunan, siswa
mampu memilih yg merupakan kerjasama ASEAN
|
Pembangunan pedesaan, membangunproyek-proyekindustriASEAN,sepertiproyek
pabrikpupuk ureaamoniadiIndonesiadanMalaysia,proyekindustri tembagadiSinga- pura,proyek pabrikmesin diesel diSingapura,dan
proyek pabriksuper- fosfor diThailand
|
31
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Siwa mampu
menyebutkan batas-batas wil Indonesia dg Negara tetangga
|
Batas Indonesia:
|
32
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Siswa mampu menyebutkan nama salah satu jenis
kegiatan antara Negara ASEAN
|
kegiatan
olah raga antara negara ASEAN:
SEA GAMES
|
33
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Siswa
mampu menyebutkan letak astronomis Negara di ASEAN
|
Letak astronomis Myanmar: 9°58’
LU – 28°29’
LU dan 92°11’
BT – 101°10’
BT
Letak astronomis Indonesia:
|
34
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Siswa mampu menyebutkan ciri-ciri Negara ASEAN
|
negara ASEAN
yang tidak memiliki garis pantai
Laos
|
35
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Siswa mampu menyebutkan kepala Negara dari Negara
di ASEAN
|
|
36
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Siswa
mampu memilih sebutan benua, jika disajikan pertanyaan tentang benua
|
Benua Hitam : AFRIKA
Benua tak berpenghuni : ANTARTIKA
Benua yg semua di belahan bumi utara : EROPA
Benua yg semua di belahan bumi selatan : AUSTRALIA, ANTARTIKA
|
37
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Siswa mampu menyebutkan dua Negara Amerika Selatan,
jika disajikan table Negara-negara di dunia
|
Negara2 di Amerika Selatan beserta ibu katanya:
³ Argentina……………….Buenos Aires
³ Bolivia………………….La Paz, Sucre
³ Brasil…………………Brasilia
³ Chili……………………Santiago
³ Kolombia………………..Bogota
³ Ekuador………………..Quito
³ Kepulauan Falkland…………………Stanly
³ Guyana Prancis…………………..Cayenne
³ Guyana…………………Georgetown
³ Paraguay………………….Asuncion
³ Peru……………………Lima
³ Suriname……………………Paramaribo
³ Uruguay…………………….Montevideo
³ Venezuela……………………..Caracas
|
38
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Siswa mampu menyebutkan Negara tempat keberadaan
keajaiban dunia, jika ditanya tentang keajaiban dunia
|
Ka’bah :
Arab Saudi
Borobudur :
Indonesia
Taman Gantung :
Babilonia
Tembok Cina :
Cina
Taj Mahal :
India
Pyramid :
Mesir
Menara Pisa :
Italia
Menara Eifel
:Prancis
|
39
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Siswa mampu menyebutkan dua Negara Asia Timur dg
tepat, jika disajikan table Negara-nagara di dunia
|
[ Jepang
[ Korea Utara
[ Korea Selatan
[ RRC
[ Taiwan
[ Mongolia
|
40
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Siswa mampu memilih devinisi salah satu gempa
dg tepat
|
Gempa bumi di bagi menjadi dua jenis, yaitu
1) Gempa tektonik adalah gempa yang
terjadi karena pergeseran lapisan permukaan bumi.
Gempa ini dapat terjadi di daratan dan laut.
2) Gempa vulkanik adalah gempa yang
terjadi di sekitar gunung api yang
akan meletus.
Gempa ini hanya terasa di daerah sekitar gunung
tersebut.
|
41
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Siswa mampu menyebutkan tahun salah satu peristiwa
alam besar di dunia
|
Gunung Krakatau meletus pada 26-8-1883
Tsunami Aceh : 26-12-2004
|
42
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Jika disajikan gambar bencana alam, siswa mampu menyebutkan akibat
kejadian tsb.
|
Akibat lahan gundul:
³ Erosi/tanah longsor
³ Banjir
Akibat Banjir:
F Bangunan dan tempat ting-gal, serta harta benda rusak karena terendam
air.
F Penduduk terpaksa mening- galkan tempat tinggalnya dan mengungsi di
tempat lain.
F Pabrik dan kantor-kantor ter- paksa berhenti bekerja.
F Jalan dan jembatan rusak.
F Timbul berbagai macam pe-
nyakit, seperti penyakit kulit dan
penyakit menular lainnya
Akibat Gunung meletusรจAwan panasnya bisa memusnahkan semua makhluk hidup yang dilewatinya.
|
43
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Siswa mampu menunjukan sikap cara-cara
menghadapi bencana alam ttt.
|
Cara menghadapi tsunami:
³ berlari ke daratan yang lebih tinggi jika gejala tsunami datang
|
44
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Siswa mampu menyebutkan badan-badan yg bertugas
mengurusi bencana alam
|
badan nasional yang bertugas mengurusi bencama alam
Bakornas
Badan
Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)
|
45
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Siswa mampu menjawab ttg globalisasi dg tepat
|
Globalisasi merupakan proses masuknya ke ruang
lingkup dunia, atau
Globalisasi adalah suatu proses yang menempatkan
masyarakat dunia dapat menjangkau satu dengan yang lain atau saling
terhubungkan dalam semua aspek kehidupan
|
46
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Siswa mampu menunjukan dampak positif/negative
dari globalisasi
|
Dampak
positif globalisasi antara lain:
Daampak negative globalisasi:
|
47
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Siswa mampu menunjukan dampak dari investasi asing
di Indonesia
|
dampak negatif investasi asing di Indonesia
Pencemaran
dan kerusakan lingkungan
Adanya
alih fungsi lahan
Mendorong
masy. Berperilaku konsumtif
Masy.
Tidak sepenuhnya dapat menikmati kekayaan alam
Adanya
ketergantungan Negara pada investasi asing
Dampak positif/Keuntungan investasi (penanaman
modal) asing di Indonesia:
$ Dapat menjlankan produksi
|
48
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Siswa mampu menyebutkan barang-barang yg
merupakan ekspor maupun impor, jika disajikan table barang komoditas
|
Komoditas Impor:
³
Susu, buah, sabun,
kosmetik (barang konsumsi)
³ Bahan kimia, bahan obat, benang tenun, besi, baja(bahan baku)
³ Mesin-mesin, alat telekomunikasi, peralatan listrik, alat pengangkutan
(barang modal)
Komoditas Ekspor:
|
49
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Siswa mampu menunjukkan sikap-sikap terhadap
produksi dalam negeri dg benar
|
Lebih Cinta produk dalam negeri daripada produk
impor (luar negeri)::::mau memakai produk dalam negeri
|
50
|
No comments:
Post a Comment
Terimakasih telah berkunjung.
Semoga menemukan yang anda cari.
Kami harapkan komentarnya, saran-kritik.
Silahkan telusuri laman berikutnya.